Sabtu, 17 Desember 2011

BGP MPLS


MPLS BGP ( Border Gateway Protocol )
Border Gateway Protocol (BGP) adalah sebuah routing protocol yang digunakan di tepi sistem otonomous ( AS ). Ini adalah sebuah routing eksterior protokol dan jalan bebas menghitung-loop di Internet. Hal ini dianggap untuk menggunakan jalur-vektor algoritma routing. Ini berarti jalan trek dalam hal yang SA melewati, dan TIDAK melacak rute ” melalui router individu dalam suatu AS , dan tidak secara khusus mampu melakukan load balancing atau paket forwarding itu sendiri. BGP adalah protokol routing pilihan dan digunakan oleh seluruh Penyedia Layanan Jaringan (NSPs) seperti UUNet, Sprint, Cable & Wireless, Level3, Qwest dll bersifat dinamis dan menangani gangguan dan kegagalan link cukup anggun. Untuk menggunakan BGP, Anda harus punya router yang mendukung BGP; mendaftar Nomor AS dan hubungi operator Anda untuk membuat sebuah sesi BGP. Lihat persyaratan halaman untuk informasi lebih lanjut. BGP telah melalui tiga revisi. Versi sekarang yang digunakan adalah BGP4 dan didukung oleh kebanyakan produsen termasuk router Cisco, Lucent / Bay, Juniper dan banyak lainnya, maupun oleh Unix dan program-program Linux seperti Zebra. BGP menggunakan koneksi TCP untuk mengirimkan update routing menggunakan port TCP 179. BGP Oleh karena itu dengan definisi ‘handal’ protokol. Sementara BGP versi 3 menyediakan untuk belajar dinamis rute, rute BGP 4 menambahkan fungsionalitas tambahan dampening, masyarakat, MD5 dan kemampuan multicasting.

Internal vs Eksternal vs Peer (eBGP iBGP)
Peering adalah ketika pertukaran rute Anda dengan perangkat lain berbicara BGP. Ada dua jenis mengintip sesi:
·        INTERNAL Peer (iBGP)
Seorang rekan internal adalah berbicara BGP tetangga yang memiliki nomor AS yang sama seperti yang Anda lakukan. Seorang rekan internal hanya akan meneruskan rute terbaik ia tahu dari itu koneksi sendiri.

·        EKSTERNAL Peer (eBGP)
Eksternal rekan memiliki nomor yang berbeda AS. Seorang rekan eksternal akan menyampaikan semua rute terbaik itu mengetahui atau telah belajar dari rekan lainnya untuk semua rekan-rekan lainnya langsung terhubung eksternal. Inilah yang saya maksud ketika saya mengatakan eBGP adalah ‘gosip’ protokol. Router berbicara eBGP mengobrol segala sesuatu yang mereka ketahui untuk tetangga mereka kecuali jika Anda menginstal lelucon (filter rute).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar